Madrasah Modern Berasrama (Islamic Boarding School)

Bagaimana Proses Seleksi Tahun Ini?

Pendaftaran dibuka

Assalamu'alaikum wr. wb.


Tahun Pelajaran 2019-2020 sudah berjalan di Semester Genap. Maka dari itu kami sudah mempersiapkan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020-2021. Proses seleksi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu kami berharap adik-adik dan wali siswa kelas 6 SD/MI yang akan mendaftar di MTs Modern Al Azhary Ajibarang untuk memahami dulu proses seleksi yang diterapkan untuk Tahun Pelajaran 2020-2021 di MTs Modern Al Azhary Ajibarang.

Perlu diketahui juga bahwa Siswa yang bersekolah di MTs Modern Al Azhary Ajibarang wajib tinggal di Asrama Pondok Pesantren Modern Al Azhary Ajibarang.

Kuota Siswa Baru
Semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap madrasah, jumlah siswa semakin meningkat. Namun kapasitas Kelas dan Asrama kami masih terbatas, sehingga dengan berat hati kami membatasi jumlah siswa baru yang masuk. 
Adapun kuota Siswa Baru yang akan kami terima pada Tahun Pelajaran 2020-2021 adalah sejumlah
Putra     : 34
Putri      : 64
Jumlah  : 98

Proses Seleksi
Hal ini yang sangat penting harus dipahami oleh adik-adik atau wali siswa kelas 6 SD/MI yang akan mendaftar di MTs Modern Al Azhary Ajibarang. Proses seleksi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020-2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Proses seleksinya adalah sebagai berikut :
Tahap I Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan melalui Offline (datang langsung ke madrasah) dan Online (mengisi form online).
Persyaratan yang harus dipenuhi pada saat mendaftar adalah sebagai berikut :
- Mengisi Form
- Membayar Biaya Pendaftaran
- Menyerahkan Foto Kopi Raport Kelas 5 (Semester 1 dan 2) dan Kelas 6 (Semester 1)
- Menyerahkan Foto Kopi Piagam (Jika ada)
Tahap II Seleksi Akademik
Proses seleksi akademik sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Proses seleksi akademik pada Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020-2021 akan mengacu kepada Rata-Rata Nilai Pengetahuan Raport Kelas 5 (Semester 1 dan 2) dan Kelas 6 (Semester 1). Dengan perhitungan sebagai berikut :
(Rata-rata Kelas 5 Semester 1 + Rata-rata Kelas 5 Semester 2 + Rata-rata Kelas 6 Semester 1) / 3
Pada tahap Seleksi Akademik, kuota yang disediakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya hanya 45 Putra dan 85 Putri. Jika pendaftar melebihi kuota tersebut maka akan otomatis gugur / tidak diterima berdasarkan Ranking Nilai Rata-rata raport.
Pengumuman seleksi akademik akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Maret 2020 melalui laman resmi madrasah (www.mtsalazhary.sch.id) dan papan informasi madrasah.
Tahap III Test Wawancara
Yang berhak mengikuti test wawancara adalah calon siswa baru yang sudah dinyatakan lolos seleksi Akademik. Test wawancara akan diikuti oleh siswa dan orang tua / wali siswa. Pelaksanaan test wawancara akan dilaksananakan pada Minggu, 15 Maret 2020. 
Dari hasil test wawancara  ini akan di Rangking dan jumlahnya akan disesuaikan dengan kapasitas/kuota penerimaan siswa baru yaitu sejumlah 34 Putra dan 64 Putri. Selebihnya otomatis gugur / tidak diterima.
Tahap IV Pengumuman dan Pemberkasan
Calon siswa baru yang lolos test wawancara akan langsung diumumkan pada Minggu, 15 Maret 2020 setelah test wawancara selesai. Bagi siswa yang lolos test wawancara untuk segera melengkapi berkas persyaratan pendaftaran yaitu sebagai berikut :
    -   Menyerahkan Foto Berwarna 3x4 @2 Lembar
    -   Menyerahkan Foto Kopi Ijazah dan SKHU (dapat menyusul)
    -   Menyerahkan Foto Kopi Akte Kelahiran
    -   Menyerahkan Foto Kopi Kartu Keluarga
    -   Menyerahkan Foto Kopi Kartu NISN
    -   Menyerahkan Foto Kopi KTP Orang Tua / Wali
Tahap V Pembayaran Registrasi Calon Siswa Baru
Setelah siswa melengkapi berkas persyaratan pendaftaran proses selanjutnya adalah melakukan Pembayaran Registrasi Calon Siswa Baru. Registrasi dapat dilakukan mulai tanggal 15 s.d 18 Maret 2020. Pembayaran Registrasi Calon Siswa Baru Wajib Melalui Rekening Bank BRI a.n. MTs Modern Al-Azhary Ajibarang No. 015101016413537.
Bukti transfer disimpan dan difoto / Screenshot kirimkan ke 082133575269 / 085726534742

Registrasi Calon Siswa Baru bersifat Wajib, karena siswa yang dinyatakan Diterima adalah Calon Siswa Baru yang Lunas Pembayaran Registrasi Calon Siswa Baru.


Jika pada penerimaan Periode I ini belum memenuhi kuota yang tersedia, maka akan dibuka pendaftaran periode II.



Sekali lagi, silahkan dipelajari dan dipahami. Jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan bisa contact kami di Whatsapp a.n Aradea Krisnandari   085876187757 dan Deasy Nirma Pradipta 085877432007.
Share this post :

Posting Komentar

 
di Share Oleh : admin | MTs Modern Al Azhary | Yayasan Aji Yumika
Copyright © 2019. AL AZHARY - All Rights Reserved
Admin
powered by xsancreative@gmail.com