Madrasah Modern Berasrama (Islamic Boarding School)

Al Azhary Cinta Budaya Indonesia

Kepala Madrasah bersama
Pengawas MTs Bpk Amin Yuhdi, M.Pd.
Rabu pagi (28/09/2016) siswa siswi MTs Modern (Islamic Boarding School) Al Azhary Ajibarang mengkuti kegiatan praktek yang lain dari biasanya yaitu membatik. Acara itu dikemas menarik dalam bentuk pelatihan membatik bagi Guru, Karyawan, dan Siswa. Tak banyak tujuan kecuali memberi pengayaan dan pembelajaran kepada seluruh warga sekolah untuk menghargai dan memahami apa arti membatik yang tak lain adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang sudah diakui dunia. Terlebih, membatik merupakan kegiatan yang sangat brguna untuk melatih ketelitian dan kesabaran dari siswa itu sendiri.

Menurut Deasy Nirma Pradipta, S.Pd, pengajar Seni Budaya di Madrasah Tsanawiyah Modern Al Azhary Ajibarang, kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dengan komunitas batik Banyumas yang memiliki visi untuk melestarikan budaya lokal, dan sebagai wujud cinta budaya asli Indonesia, terutama batik Banyumasan.
Siswa MTs Modern Al Azhary
Sedang Membatik
Kegiatan dipusatkan di aula utama kompleks kampus Al Azhary dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Setiap peserta diberi satu lembar kain yang sudah digambari pola batik. Setelah mendapat pengarahan dari Rohman, salah satu pengrajin batik yang menjadi pengarah kegiatan, peserta diperbolehkan membatik dengan melumurkan malam yang sudah dicairkan ke pola yang sudah di sediakan. Pesertapun diperbolehkan untuk memberi tambahan pola untuk mempercantik kain bantik mereka.
Tidak hanya siswa dan siswi MTs Modern Al Azhary Ajibarang yang mempratekan kegiatan membatik, antusiasme pun bisa dirasakan oleh guru-guru yang juga melibatkan diri dalam kegiatan tersbut.
Setelah membatik, Peserta pun dapat menyaksikan bagaimana caranya kain batik mereka diberi warna. Mereka pun diminta untuk langsung mencelupkan kain mereka pada air yang diberi warna dan zat khusus agar warna batik tida luntur ketika sudah disuci.
“Kegiatan ini sangat menyenangkan. Kami harap paktek seperti ini bisa dilakukan lagi.” Kata Laela, murid Madrasah Tsanawiyah Modern Al Azhary Ajibarang.
Dengan antusiasme yang luar biasa, dapat dilihat bahwa kearifan lokal seperti membatik dapat meningkatkan gairah siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama kegiatan praktek langsung. Dan hal ini pun akan terus digalakan di MTs Modern Al Azhary Ajibarang dalam rangka menngkatkan potensi akademik dan praktikum yang dimiliki siswa.
Share this post :

Posting Komentar

 
di Share Oleh : admin | MTs Modern Al Azhary | Yayasan Aji Yumika
Copyright © 2019. AL AZHARY - All Rights Reserved
Admin
powered by xsancreative@gmail.com